Lantas Polres Tulungagung Terus Lakukan Inovasi Keselamatan Kelalu Lintasan, Paska Beberapa Insiden

oleh -
oleh

Tulungagung, ArahJatim.com – Berdasar statistik kejadian, bulan Nopember 2023 merupakan data catatan yang cukup memprihatinkan. Hal ini disampikan Kapolres Tulungagung, melalui Kasat Lantas, AKP Jodi Indrawan, S.I.K kepada media, termasuk ArahJatim com.Senen 27/11/2023.

Kasatlantas yang masih menjabat kurang dari satu bulan ini, ternyata dalam bertugas di wilayah Tulungagung, sudah dihadapkan dengan beberapa PR Laka. Hal ini seperti 5 laka di wilayah kecamatan Ngantru, 1 laka diwilayah kota dan Kecamatan Kedungwaru, serta di wilayah JLS. Dari Kesimpulan sementara , masalah human error’ lebih mendominasi prosentasinya.

Dari kejadian yang ada, akhirnya Kasat Lantas harus berfikir fokus, bagaimana agar kejadian kejadian bisa di minimalisir. Seperti yang pernah dilakukan, beberapa hari lalu, Polisi sudah melakukan terobosan kembali , dengan membuka jalur sekolah, untuk kembali bersosialisasi dan edukasi .

arahjatim new community
arahjatim new community

Disamping cara bertemu muka pihak polantas dengan masyarakat, contohnya disekolah- sekolah, perempatan dan persimpangan rawan, petugas yang berjaga diwajibkan selalu ada komunikasi humanis dengan cara memperingatkan masyarakat agar taat dan disiplin, berlalu lintas.

Terobosan berikutnya , setelah melalui kajian dan diskusi dengan pihak pihak terkait, beberapa ruas jalan dalam kategori black spot, yang telah mengakibatkan banyak nyawa melayang, lantas mulai melakukan pemasangan rambu serta papan peringatan, agar masyarakat berhati hati melalui jalur maut

“Pemasangan papan himbauan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. Kami berharap dengan adanya himbauan di zona-zona rawan, pengguna jalan akan lebih waspada dan mematuhi aturan lalu lintas, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan. Dengan demikian, upaya pencegahan yang dijalankan diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan secara signifikan”, papar AKP Jodi, Kasatlantas .

Kasatlantas menambahkan, kehati hatian dan disiplin berlalu lintas itu penting . Harus disadari “Jatuh diaspal itu tidak seasyik jatuh cinta ” . Selain sebelum berangkat berlalu lintas, harus dimulai dengan doa, berbagi kenyamanan berlalu lintas dijalan itu harus dipedomani.

Beberapa ruas jalan yang kini mulai dipasang rambu dan papan peringatan adalah sebagai berikut, khususnya yang berlaku lintas diwilayah Tulungagung :

  1. Di jalan Nasional Ds. Pojok Kec. Ngantru Kab. Tulungagung.
  2. Di jalan Provinsi Ds. Srikaton Kec. Ngantru Kab. Tulungagung.
  3. Di jalan Ki Mangun Sarkoro Ds. Beji Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung.
  4. Menyusul JLS.

Program dan inovasi itu akan terus dilakukan seiring dinamika Kelalu Lintasan di wilayah Tulungagung. (don1).

No More Posts Available.

No more pages to load.