Hotel Di Banyuwangi Penuh Menyusul Penutupan Aktivitas Penyebrangan Pelabuhan

oleh -
Suasana pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi tampak sepi saat perayaan hari Nyepi. (Foto: ArahJatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Aktivitas pelabuhan penyebrangan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur tampak lengang Kamis  setelah ditutup pada pukul, 23.30 Wib Rabu malam tanggal (6/3) dalam rangka perayaan Nyepi 1941 di Bali. Puluhan kapal Ferry yang biasanya lalu lalang di perairan selat Bali melayani jasa penyebrangan, Ketapang-Gilimanuk, tidak beroperasi dan sandar di dermaga pelabuhan.

Sejumlah kantong parkir di areal pelabuhan juga tampak lengang, hanya ada beberapa kendaraan yang sengaja parkir lebih awal. Menurut salah seorang sopir Achmadi, dirinya mengaku sengaja datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang kendaraan.

“Dari pada besok antri panjang, lebih baik datang lebah awal nunggu disini mas” ungkap Acmadi.

Baca Juga :

Sementara moment perayaan Nyepi di Bali, sejumlah hotel di Banyuwangi justru mengalami peningkatan hunian. Salah satu hotel di Jalan Gatot Subroto yang berdekatan dengan pelabuhan sejak dua hari lalu sudah dipenuhi tamu dari Bali. Dibanding pada hari biasa jumlah tamu yang datang meningkat sekitar, 75 hingga 85 persen di dominasi tamu dari Bali yang sengaja tidak ikut merayakan Nyepi.

“Saya datang disini sudah kemarin. Saya ga ikut nyepi mas. Kasian anak saya masih kecil. Karena di Bali tidak ada penerangan” ujar Yusaq.

Pada Rabu malam pukul, 23.30 Wib aktivitas pelabuhan penyebrangan, Ketapang ditutup total. Penyebrangan baru dibuka kembali besok Jum’at (8/3/2019) pukul 04.30 Wib pagi. Mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang kendaraan maupun penumpang yang akan menyebrang ke Bali, pihak PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang menyiapkan sejumlah kantong parkir di areal pelabuhan dan menambah lahan parkir baru di kawasan Stasiun Banyuwangi baru dan Terminal Sritanjung. Selain itu, 56 armada kapal Ferry yang disiagakan juga akan di operasikan selurunya.  Pihak ASDP juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Banyuwangi untuk mengatur lalu lintas disekitar pelabuhan.(ful)