Dengan Protokol Kesehatan, Tradisi Grebek Suro Tetap Digelar di Tengah Pandemi

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Meski di tengah pandemi, ratusan warga lereng Gunung Semeru, Desa Sumber Mujur, Lumajang tetap antusias menggelar ritual tahunan “Grebek Suro” atau menyambut tahun baru Islam 1442 hijriyah di kawasan  wisata Hutan Bambu, Kamis (20/8/2020).

Uniknya, pada perayaan grebek suro tahun ini, seluruh panitia, peserta hingga pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Setiap orang yang hadir di acara tersebut wajib  memakai masker dan menjaga jarak saat prosesi ritual berlangsung.

“Dengan tidak menghilangkan nuansa tradisional, kita tetap melaksanakan ritual ini dengan protokol kesehatan yang ketat mas,” ungkap Kepala Desa Sumber Mujur, Syafi’i saat dikonfirmasi ArahJatim.com.

Bagi warga sekitar, perayaan ritual grebek suro ini merupakan agenda rutin yang tidak bisa dihilangkan. Sebab warga percaya, dengan menggelar ritual grebek suro, masyarakat akan terhindar dari berbagai marabahaya, mulai dari bahaya vulkanologi hingga wabah pandemi.

“Selain sebagai bentuk syukur, dengan perayaan suroan ini kami juga berharap tetap dilindungi dari semua bahaya mas,” tegasnya.

Ritual ini diawali dengan mengarak gunungan hasil bumi, kemudian penampilan pagelaran tari uling hingga penanaman kepala sapi di sekitar sumber mata air hutan bambu.

Selain itu, gunungan hasil bumi ini juga diperebutkan oleh warga yang hadir dalam acara tersebut. (rokhmad)