Bubarkan Kerumunan, Polisi Ciduk 4 Pemabuk di Pantai Ancol Banyuwangi

oleh -

Banyuwangi, Arahjatim.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Kota Banyuwangi, merazia kerumunan orang, Sabtu (18/4/2020) malam. Dalam razia kali ini, petugas menyasar kawasan perkampungan di tengah kota. Disinyalir di kawasan ini banyak warga yang sedang berkumpul di warung-warung.

Satu per satu warung-warung di kawasan plengsengan Mandar didatangi petugas. Sejumlah pengunjung yang sedang nongkrong tampak kebingungan saat petugas mendatangi mereka.

Tindakan tegas dilakukan petugas gabungan TNI/Polri, Satpol PP yang dipimpin langsung Kapolsek dan Camat. Petugas meminta warga yang masih berkumpul untuk segera pulang ke rumah masing-masing. Mirisnya, di antara warga yang berkumpul itu ternyata banyak yang tidak mengenakan masker meski pandemi corona hingga kini masih terus mewabah.

Oleh petugas, pengunjung warung yang mayoritas anak muda diminta pulang ke rumah masing-masing. Pemilik warung juga diberi teguran agar tidak menyediakan tempat duduk untuk menghindari banyaknya orang berkumpul.

“Sudah sering kami peringatkan jangan disediakan tempat duduk, tapi kok masih ada tempat duduknya. Ini peringatan terakhir kalau masih menyediakan tempat duduk akan kami lakukan tindakan tegas,” ujar Moch Lutfi, Camat Banyuwangi.

Petugas gabungan juga menyasar kawasan Pasar Blambangan dan Stadion Diponegoro yang disinyalir sering dijadikan tempat nongkrong kaum muda mudi. Di tempat tersebut petugas menemukan sejumlah muda-mudi sedang nongkrong tanpa menerapkan physical distancing. Dan petugas pun langsung membubarkannya.

Petugas juga menemukan empat pemuda yang sedang asyik pesta miras di tepi Pantai Ancol, Kelurahan Lateng. Mereka sengaja memilih tempat yang gelap untuk menghindari razia. Setelah melalui penggeledahan, keempat pemabuk itu langsung digelandang ke kantor polsek terdekat beserta sejumlah botol miras.

“Ini patroli rutin kami setiap malam Minggu, bisa kita lihat tadi ternyata masih banyak warga yang berkumpul meski sudah sering kali kami ingatkan untuk menerapkan physical distancing. Kita tadi juga menemukan empat orang yang sedang pesat miras. Semuanya kita amankan ke Polsek dan ditindak sesuai hukum yang berlaku sebagai efek jera,” tegas AKP Ali Masduki, Kapolsek Banyuwangi Kota.

Razia kerumunan warga digelar sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di Banyuwangi ini sudah sering dilakukan. Namun, nyatanya masih banyak warga yang berkumpul di beberapa tempat tanpa menerapkan physical distancing.

Polisi meminta agar warga memiliki kesadaran diri untuk ikut melakukan aksi pencegahan Covid-19 dengan cara tidak saling berkumpul. Ke depan polisi akan terus melakukan razia dengan waktu dan tempat secara acak. (ful)