Awasi Penyebaran Covid – 19, Rumah Ketua RT Akan Dipasangi Bendera Sesuai Warna Kategori Penyebaran Covid-19

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Adi Sutrino Kepala Kelurahan Burengan Kota Kediri Jawa Timur menyatakan, setiap rumah ketua rukun tetangga (RT) di wilayahnya akan dipasangi bendera sesuai dengan keterangan warna kategori penyebaran Covid-19. Kebijakan ini ditetapkan Adi seiring dengan diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala mikro.

“Tempat strategis atau setiap rumah RT diberi tanda zona. (Kalau wilayah) zona merah, RT diberi bendera merah, jadi masyarakat bisa tahu dan aparat bisa tahu,” kata Adi.

Lebih lanjut Adi mengatakan ada 12 RW dan 37 RT di Kelurahan Burengan, dengan status zona kuning 4 RT dan sisanya hijau semua.

“Alhamdulillah untuk saat ini yang zona kuning artinya ada satu sampai lima rumah yang terdampak covid atau terjangkit Covid-19 itu zona kuning, itu ada 4 RT kemudian lainnya hijau,” ungkap Adi.

Adi menambahmkan, pemasangan zona bendera Covid-19 bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Assesment yang kedua adalah bendera itu kan simbol, jadi warga selalu melihat dengan begitu ada kepedulian dari warga untuk selalu patuh pada prokes,” ujarnya.

Adi menjelaskan penangganan pandemi Covid-19 di Kelurahan Burengan dengan keadaan rumah penduduk yang cukup padat, semuanya dilakukan secara kompak bersama seluruh elemen masyarakat.

“Sehingga kami mudah untuk bersinergi dengan stake holder ini sehingga memudahkan kami untuk penanganan Covid-19, kejadian dengan kita masih terbebas dari 3 besar Covid di Kecamatan Pesantren,” jelasnya

“Selama ini ketua RT selalu sinergi dan komunikasi dengan tiga pilar kalau ada warganya yang antigen mandiri selalu di foto hasilnya dan kirim ke kami,” ujarnya.

Pemasangan bendera akan diperbaharui setiap tujuh hari sekali, sesuai dengan kondisi penyebaran Covid-19 di wilayah RT.

Adi menjelaskan, jika kasus terkonfirmasi Covid-19 di sebuah RT dalam tujuh hari tidak ada, maka akan dipasang bendera hijau, yang menandakan wilayah tersebut merupakan zona hijau.

Sementara Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Puskesmas Pesantren II Kota Kediri, dr Dwi Nugraheni mengatakan, ada empat warna bendera yakni Hijau, Kuning, Orange dan Merah yang menjadi penanda kondisi atau rentang RT atas zona Covid-19.

Hijau artinya nihil kejadian Covid-19, Kuning terdapat 1-5 rumah warga yang terkonfirmasi positif, Orange 5-10 dan Merah jumlah warga positif Covid-19 mencapai diatas 10 rumah.

“Kami mengharapkan untuk bendera warna orange dan warna merah ini tidak terpasang di Burengan,” harapnya

Langkah ini sejalan dengan optimalisasi keberadaan Kampung Tangguh Semeru di wilayah setempat dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro berbasis lingkungan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).(das)