Antisipasi Pohon Tumbang Di Musim Hujan, DLHKP Kota Kediri Pangkas Pohon Rawan Tumbang

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Pertaman (DLHKP) Kota Kediri  menebang pohon rawan tumbang untuk mengantisipasi hujan disertai angin kencang belakang ini.

Hujan deras yang disertai dengan angin kencang melanda Kota Kediri kemarin sore, serta menyebabkan pohon tumbang di beberapa ruas jalan hingga mengganggu pengguna jalan dan warga sekitar.

Dengan adanya kejadian tersebut, DLHKP di Kota Kediri berupaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana, seperti di Jalan Mayor Bismo dengan melakukan pangkas pohon, Selasa pagi (20/4/2021)

Pemangkasan pohon trembesi itu dilakukan dengan hati-hati karena batang pohon sudah keropos dimakan usia. Penebangan pohon berjalan lancar dengan menggunakan tambang dan gergaji mesin.

Lokasi pohon rawan tumbang tersebut berada di tepi jalan dan DLKHP menganggap pohon itu rawan tumbang jika terjadi hujan disertai angin kencang sehingga berbahaya bagi penggunaan jalan dan warga sekitar.

Pemangkasan ranting serta dahan yang menjulur ke ruas jalan, hal tersebut sebagai antisipasi untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan akibat tertimpa pohon tumbang atau adanya dahan yang patah bagi pengendara yang melintas.

Pada musim hujan ini Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri siap melakukan penebangan pohon rawan tumbang jika ada permintaan masyarakat guna mengurangi risiko kebencanaan.(das)